Ditulis Pada 15 Mei 2017 21:42 WIB

Sambut Pelaksanaan Rakornas, Ditjen Dukcapil Mantapkan Koordinasi

Jakarta – Gorontalo akan menjadi tuan rumah perhelatan Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Rakornas Dukcapil) Tahun 2017. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari pada tanggal 18 sampai 19 Mei 2017 ini akan dihadiri pejabat yang mengurusi administrasi kependudukan di provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia. 

 

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, dijadwalkan hadir membuka kegiatan Rakornas. 

 

Tak kurang dari 1.200 orang akan mengikuti Rakornas, berasal dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota. Rakornas Dukcapil dilaksanakan di Grand Sumber Ria Ballroom, Kota Gorontalo. 

 

Dirjen Dukcapil, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., MH. menyatakan, Rakornas Dukcapil sangat penting bagi penyelenggaraan administrasi kependudukan. Untuk itu, pihaknya menghimbau jajarannya untuk mempersiapkan pelaksanaannya dengan baik. “Persiapkan dengan baik. Perkuat dan mantapkan lagi koordinasi, termasuk koordinasi internal dan dengan pihak-pihak terkait”, jelas Prof. Zudan di Jakarta, Senin (15/05/2017). 

 

Prof. Zudan yang sempat menjabat Plt. dan Pj. Provinsi Serambi Madinah ini juga mengajak seluruh Kadis Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia untuk menyempatkan diri hadir langsung pada pelaksanaan Rakornas. 

 

“Rekan-rekan semua para Kadis Dukcapil seluruh Indonesia, saya minta semua hadir pada Rakornas Dukcapil di Gorontalo. Pastikan hadir dengan Kabid Dafduk dan/atau Kasi”, imbuhnya, Senin (15/05/2017). 

 

Menurutnya, Rakornas kali ini akan membicarakan banyak hal. “Di antaranya kita akan merapikan data untuk Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, penyelesaian perekaman dan pencetakan KTP-el, target cakupan 85% Akta Kelahiran, kontrak kinerja, dan rumusan/desain Kartu Keluarga model baru”, jelas Prof. Zudan.

 

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Dukcapil, I Gede Suratha menyambut baik himbauan Dirjen Dukcapil untuk melaksanakan Rakornas dengan sebaik-baiknya. Menurutnya, sangat penting untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. 

 

“Detail sampai hal-hal kecil yang dianggap sepele tapi sangat menggganggu suksesnya pelaksanaan Rakornas. Semua itu harus kita pastikan tertangani sebelum pelaksanaan dimulai”, imbuhnya saat memimpin rapat persiapan Rakornas di kantor Ditjen Dukcapil, Jakarta, di hari yang sama. Dukcapil***