Ditulis Pada 25 April 2017 19:44 WIB

Dukung Tertib Adminduk, BCA Finance Kerjasama dengan Ditjen Dukcapil

Jakarta – Sebagaimana amanat undang-undang tentang administrasi kependudukan, data  kependudukan  yang digunakan  untuk  semua  keperluan  merupakan data kependudukan  dari  Kementerian Dalam Negeri. Data kependudukan tersebut antara lain digunakan untuk pemanfaatan pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, serta penegakan  hukum  dan  pencegahan kriminal. 

 

BCA Finance adalah satu dari sekian banyak lembaga yang sudah menjalin kerjasama dengan Kemendagri. Kerjasama dalam hal pemanfaatan data, NIK, dan KTP-el ini tertuang melalui penandatangan nota kesepahaman yang dilakukan antara Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh, dengan Presiden Direktur PT BCA Finance, Roni Haslim di Jakarta, Kamis (20/04/2017).

 

Dirjen Dukcapil, Prof. Zudan berharap, kerjasama ini dapat mendukung program Ditjen Dukcapil untuk tertib administrasi kependudukan. Menurutnya, bagi BCA Finance dukungan tersebut dilakukan melalui debitur lembaga pembiayaan dan calon debitur PT BCA Finance. 

 

“Selain itu kami ingin sebanyak mungkin memfasilitasi masyarakat dan membuat mudah masyarakat”, ujarnya.

 

Kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT BCA Finance, Roni Haslim, berharap kerjasama ini dapat mengefektifkan fungsi dan peran kedua lembaga, terutama dalam memanfaatkan data kependudukan, NIK, dan KTP-el. 

 

“Bagi kami, adanya perjanjian ini dapat meningkatkan kualitas layanan dan mendukung penyaluran pembiayaan yang tepat sasaran yang diberikan oleh PT BCA Finance kepada debitur dan calon debitur”, jelas Roni.

 

Selain itu, Roni juga berharap kerjasama ini bermanfaat lebih jauh dalam mendukung penerapan program anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme di lingkungan perusahaan pembiayaan. “Dengan ini kami yakin pelayanan kami akan bertambah sempurna, kami percaya dapat menurunkan kredit macet”, tambahnya.

 

BCA Finance menjadi instansi yang ke-207 yang bekerjasama dengan Ditjen Dukcapil dalam pemanfaatan data kependudukan, NIK, dan KTP-el. Selain itu, juga terdapat 32 lembaga/kementerian yang sudah bekerjasama. Lembaga-lembaga tersebut telah melakukan akses NIK sebanyak 196.078.526 kali. Dukcapil***