Ditulis Pada 26 Mei 2017 18:46 WIB

Ditjen Dukcapil Sambut Ramadhan dengan Silaturahmi dan Suka Cita

Jakarta – Dalam rangka meningkatkan soliditas dan memperkuat tali silaturahmi antar pegawai, Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh mengajak jajarannya bersilaturahmi sekaligus menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1438 H.

 

Acara yang dihadiri para pejabat Pimpinan Tinggi, Administrator, Pengawas dan staf di lingkungan Ditjen Dukcapil ini berlangsung di Ruang Rapat Lantai 4 Gedung C Ditjen Bina Pemdes, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jum’at (26/05/2017).

 

Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh di awal sambutannya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Ditjen Dukcapil, mulai Sekretaris, para Direktur, para Pejabat Eselon dan staf. Ucapan terima kasih disampaikannya mengingat selama tujuh bulan melaksanakan tugas sebagai Plt. dan PJ. Gubernur Gorontalo, aktivitas perkantoran tetap berjalan dengan baik. 

 

“Bahkan pelaksanaan Rakornas Dukcapil di Provinsi Gorontalo beberapa waktu yang lalu berjalan dengan sangat sukses, lancar dan heboh. Ini membawa kesan bagi kita bahwa tidak ada saya pun pekerjaan tetap berjalan dengan baik”, puji Prof. Zudan atas kelancaran pelaksanaan Rakornas. Menurutnya, dengan segala keterbatasan yang ada, harusnya pelaksanaan Rakornas akan banyak terhambat, dan ternyata hal itu tidak terjadi. 

 

Menyambut datangnya bulan Ramadhan, Prof. Zudan juga mengucapkan selamat dan permohonan maaf. “Besok kita mulai menunaikan ibadah puasa. Selaku Dirjen, saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, mohon maaf lahir dan batin. Mari kita buka hati kita agar memiliki hati yang bersih. Mari kita saling mengingatkan, menegur, dan menyapa menuju perbaikan diri untuk menjadi lebih baik lagi”, lanjutnya. 

 

Tidak lupa, Prof. Zudan mengingingatkan kepada jajarannya untuk terus meningkatkan ukhuwah dan silaturahmi antar sesama, saling menjaga, menghargai dan saling menghormati satu sama lain. Menurutnya, Ramadhan juga merupakan saat yang tepat untuk mengistirahatkan batin dan sarana untuk menahan diri. 

 

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Dukcapil, I Gede Suratha dalam laporannya menekankan pentingnya mempererat tali silaturahmi antar umat ciptaan Tuhan. Menurutnya, bulan Ramadhan itu ibarat musim gugur. 

 

“Dedaunan yang gugur akan memberikan kesuburan bagi pepohonan lain di sekitar. Orang bijak berkata, sesekali kita perlu membuka diri dengan penuh cinta untuk memberi kebaikan pada orang lain. Sehingga jajaran Dukcapil dapat menyikapi Ramadhan dengan penuh suka cita”, jelas Sekretaris Ditjen memaknai bulan Ramadhan.

 

Awal Bulan Suci Ramadhan 1438 H diperkirakan akan jatuh pada tanggal 27 Mei 2017. Dengan masuknya bulan Ramadhan, umat Muslim Indonesia dan dunia akan mulai melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lain selama Bulan Ramadhan. Dukcapil***