Ditulis Pada 10 Mei 2017 18:51 WIB

Bupati Bangka Ekspose “Bang Muda” Masuk Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2017

Bangka – Bupati Bangka, Tarmizi, mempresentasikan inovasi pelayanan publik “Bang Muda” kepada Tim Penilai Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017 di Kemen-PAN dan RB, Jakarta, belum lama ini. 

 

Bang Muda yang merupakan singkatan dari Bangka Mudah Dapat Akta ini merupakan layanan dokumen kependudukan yang menjadi salah satu inovasi Dinas Dukcapil Kabupaten Bangka. 

 

Kabupaten Bangka sebelumnya masuk Top 99 Pelayanan Publik. Melalui pemaparan Bupati, saat ini Kabupaten Bangka Tengah berjuang menjadi Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017. 

 

Hal ini diapresiasi Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh. “Inovasi memberi kemudahan dan kecepatan dalam layanan dokumen kependudukan kepada masyarakat. Saya sangat mengapresiasi inovasi Sang Muda Kabupaten Bangka. Selamat berjuang untuk masuk Top 40 Inovasi Layanan Publik 2017”, ujarnya. 

 

Tim penilai adalah pakar dari berbagai disiplin ilmu, di antaranya para guru besar seperti Refli Harun, Siti Zuhroh, Solbiah,JB. Kristiadi, Neneng dan Tulus Abdi.

 

Bupati Bangka, Tarmizi, mengungkapkan, kepemilikan identitas diri bagi masyarakat merupakan hal yang sangat penting. Untuk itu, pihaknya berkomitmen agar setiap bayi lahir langsung mendapatkan Akta Kelahiran. Pelayanannya hingga ke pelosok desa, yang aksesnya bisa mencapai 90 KM dari ibukota kabupaten. 

 

“Yang dilayani melalui sitem ini, yakni Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan Kartu Keluarga,” jelas Tarmizi.

 

Inovasi layanan Bang Muda telah bersinergi dengan rumah sakit, Puskesmas, dan Puskesmas Pembantu, yang mencakup seluruh unsur terkait baik vertikal, horizontal, dan diagonal. Di tingkat kecamatan, pengurusan Akta Kelahiran sudah bisa dilayani melalui Paten yang ada di setiap kecamatan.

 

Dengan pelayanan secara online, penerbitan Akta Kelahiran untuk bayi baru lahir menjadikan pelayanan Dinas Dukcapil lebih tertib dan tidak disesaki masyarakat. Layanan Bang Muda telah merubah prosedur pelayanan yang selama ini yang membutuhkan waktu lama, berbelit, dan mahal. 

 

Pada kesempatan presentasi ini, hadir pula beberapa pejabat Kabupaten Bangka di antaranya Asisten Adminstrasi Umum Akhmad Mukhsin, Kepala Bappeda Pan Budi Marwoto, Kepala Dinas Dukcapil Rahmad Gunawan, Kabag Humas dan Protokol Boy Yandra, dan Kabag Organisasi Wilys Erni Yunita. Dukcapil***