Ditulis Pada 19 Juni 2017 13:00 WIB

100 Jam Pasca Terbakar, Layanan Dukcapil Manggarai Kembali Normal

Manggarai – Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Manggarai di Jalan Adi Sucipto, Kelurahan Tenda, Kota Ruteng terbakar, Kamis (15/6/2017) pagi pukul 02.30 WITA. Musibah ini menghanguskan hampir semua dokumen kependudukan dan Sarpras pelayanan yang ada. Hal ini menyebabkan pelayanan kepada masyarakat lumpuh total.

 

Pagi-pagi hari berikutnya, tanpa menunggu jam kerja kantor, Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh langsung menugaskan Sekretaris Ditjen, I Gede Suratha untuk mengambil langkah-langkah taktis agar segera mengatasi masalah pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Manggarai, NTT. 

 

Pukul 09.00 WIB Tim Reaksi Cepat Dukcapil terbentuk yang diketuai Ir. Rara Yusnani Henriana, M.Si. dan langsung mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan mulai dari data dan informasi, peralatan (server, alat rekam dan cetak KTP-el, formulir/blangko Dafduk dan Capil) logistik tim, jaringan komunikasi data, sampai koordinasi tentang rute perjalanan tercepat ke Kabupaten Manggarai.

 

Hari ini, Senin (19/6/2017), dalam waktu 100 jam setelah kebakaran, pelayanan dapat berjalan kembali. Hal ini berkat semangat gotong royong diiringi doa dari barbagai penjuru, mulai dari dukungan Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus dan Sekda Manggarai, Manseltus Mitak, beserta jajaran Dinas Dukcapil Kabupaten Manggarai.

 

"Terimakasih Tuhan, terima kasih Keluarga Besar Kemendagri cq Ditjen Dukcapil, terima kasih Pemda Kabupaten Manggarai dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu melancarkan misi khusus dan mulia ini", ucap Sesditjen Dukcapil dengan nada haru. 

 

Lebih lanjut, Sesditjen mengahatan bahwa dengan semangat gotong royong,  sesuatu yang berat bisa menjadi ringan. Sesuatu yang rasanya tidak mungkin bisa menjadi mungkin. 

 

"Dukcapil bisa", pekiknya sambil bergegas masuk ke ruang rapat setelah berpamitan dengan Tim Media Dukcapil. Dukcapil***